Senin, 25 Juli 2011

GDP Negara Kanada


Kanada merupakan salah satu anggota dari G8 dimana G8 merupakan  organisasi yang beranggotakan 8 negara maju. Berikut akan dijabarkan beberapa keunikan, kelebihan, dan kekurangan dari industri Negara Kanada.
A. Keunikan
     1. Tetap Berkembang
Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Kanada adalah anggota G8. Ini membuktikan bahwa Kanada adalah negara yang maju, namun Kanada tetap mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi industri dan industri jasa.  Dibidang tenologi indutri contohnya mengekspor suku cadang kendaraan bermotor. Sedangkan di bidang jasa misalnya di bidang jasa telekomunikasi yaitu Blackberry.
     2. Negara Pengekspor Energi
Hanya sedikit dari negara maju yang masih dapat melakukan ekspor di bidang energi. Hal ni disebabkan Negara maju cenderung untuk menggunakan atau bertindak sebagai konsumen terhadap keberadaan energi. Contoh energi yang diekspor oleh Kanada adalah minyak, gas alam, dan logam.
B. Kelebihan
     1. Negara yang Berinovasi
 Kanada tidak hanya mengandalkan sumber daya alam saja tetapi juga terus berkembang dan bertambah ragam dengan memanfaatkan teknologi industri dan inovasi. Inovasi merupakan suatu jalan bagi sistem agar tetap efektif dan efisien.
      2. Pembagian Daerah Industri
Perindustrian di Kanada dibagi menjadi beberapa fokus daerah, misalnya seperti berikut : * Ontario dan Quebec   industri pembuatan barang industri di mana produksi kendaraan bermotor merupakan sektor terbesar dalam industri ini. Selain itu di daerah ini juga terdapat industri di bidang makanan dan minuman, kertas, logam dasar, logam buatan, dan petrokimia.
* Propinsi Prairi       fokus pada industri bidang pertanian dan bahan bakar mineral.
* Propinsi Pasifik      seperti pada Propinsi Prairi, industri di daerah ini juga fokus pada sumber daya alam khususnya pada bidang perikanan, kehutanan dan pertambangan.

C. Kekurangan
Pada bagian di atas memang sudah dijelaskan berbagai nilai tambah dari perindustrian Kanada, namun di sisi lain masih juga terdapat nilai kurangnya. Ketergantungan Kanada kepada Amerika Serikat merupakan nilai kurang pada sitem perindustrian Kanada. Bahkan ketergantungan ini mengakibatkan GDP Kanada turun pada tahun 2009 saat perekonomian Amerika sedang menurun diakibatkan krisis global, sampai GDP Kanada pada saat itu mencapai -1,8 %. Padahal di tahun-tahun sebelumnya GDP Kanada berkembang lebih pesat. Pada tahun 2005 saja GDP Kanada berkembang 2,9% sehingga ekonomi stabil dan inflasi dapat ditekan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar